Tuesday, January 24, 2023
spot_img
HomeINDONESIA TERKINIProyek IKN Nusantara Ubah Wajah Indonesia di Mata Dunia

Proyek IKN Nusantara Ubah Wajah Indonesia di Mata Dunia

Direktur Utama PT Amarta Karya (Persero) Nikolas Agung SR mengapresiasi konsep besar pembangunan Kawasan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, pembangunan Kawasan IKN Baru tersebut, diharapkan dapat merubah wajah Indonesia di mata Internasional. Di mana pembangunan Kawasan IKN tersebut akan memadukan tiga konsep perkotaan yakni sebagai kota hutan atau forest city, kota spons atau sponge city, dan kota cerdas atau smart city.

“Seperti diketahui bahwa sudah banyak negara di dunia sudah menerapkan tiga konsep tersebut. Inilah saatnya Indonesia agar tampil lebih bagus di mata dunia internasional,” kata Nikolas dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Lebih lanjut, Nikolas mengatakan bahwa manfaat IKN adalah dalam rangka pemerataan pembangunan dan pengembangan ekonomi nasional.

“Kita tahu bahwa pembangunan maupun perputaran ekonomi terpusat lebih banyak di pulau jawa, khususnya di Jakarta,” kata Nikolas.

Oleh karena itu, dengan adanya pembangunan Kawasan IKN di Kalimantan Timur tersebut diharapkan pemerataan ekonomi Indonesia akan lebih cepat. Sebagaimana diketahui bahwa provinsi ini merupakan titik tengah (Center of Indonesia).

Pihaknya juga meyakini bahwa masyarakat setempat terutama di provinsi Kalimantan Timur maupun daerah penyangga di Kawasan IKN itu akan berlomba-lomba menjadi pemain dalam rangka mendukung terwujudnya Ibu Kota Negara Baru tersebut.

“Saya meyakini masyarakat setempat berusaha keras untuk meningkatkan kapabilitas, kemampuan dan keahliannya sehingga mereka dapat berpartisipasi aktif bersama-sama dengan masyarakat lainnya datang dari seluruh penjuru Indonesia maupun dunia untuk mendukung berdirinya IKN di provinsi Kaltim,” kata Nikolas dengan semangat.

Nikolas menilai keberadaan Otorita IKN sangat penting untuk memastikan pembangunan IKN itu dapat dilaksanakan secara terstruktur dan juga terorganisasi dengan baik.

Pembangunan Kawasan IKN

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

%d bloggers like this: