Saturday, January 28, 2023
spot_img
HomeEKONOMIProyek IKN Nusantara Jalan Terus Walau Dunia Terancam Resesi

Proyek IKN Nusantara Jalan Terus Walau Dunia Terancam Resesi

Jakarta, Suara Indonesia – Banyak instansi dunia meramalkan perkembangan ekonomi dunia tahun 2023 dapat dihadapkan dengan ancaman resesi global. Berbagai negara di dunia pun terancam masuk jurang resesi yang disebabkan krisis pangan dan energi.

Meski begitu, Pemerintah Indonesia tetap optimis ekonomi nasional senantiasa berdaya tahan. Sehingga pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan dapat senantiasa dilanjutkan sesuai rencana.

Mengingat beraneka lembaga selanjutnya mengapresiasi Indonesia yang mampu bertahan dan mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang tetap positif di th. ini. Tercermin dari pertumbuhan ekonomi di semester ganjil th. ini tetap di atas 5 persen.

“Indonesia ini oleh sebagian lembaga internasional diakui sebagai secercah harapan di tengah-tengah orang yang pesimis atas konndisi global ekonomi,” kata Kepala Badan Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (18/10) malam.

Bambang pun menghendaki agar para investor untuk pakai momentum sebelum saat berlangsung resesi untuk berinvestasi. Sehingga disaat gelombang ekonomi memburuk, pengusaha tetap mempunyai pijakan untuk tetap bertahan dan melanjutkan bisnisnya meski kudu tertatih.

“Nanti jikalau tersedia gelombang ekonomi yang tidak cukup baik, kita udah tersedia papan selancar. We are surfing against the wave. Jadi kita berselancar di ekonomi yang tidak cukup baik,” kata Bambang.

“Jadi kita siap-siapnya dari sekarang,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsyad Rasyid. Katanya, situasi ekonomi tetap penuh bersama tantangan.

Posisi Indonesia sekarang dinilai lebih jauh dari beraneka negara dunia layaknya Turki sampai Amerika Serikat yang tengah bergelut bersama kenaikan inflasi tinggi. Dalam situasi global yang demikian, Indonesia justru bakal membangun sumber pertumbuhan baru lewat pembangunan IKN Nusantara.

“Dan di sisi ini apa yang dikerjakan bersama IKN ini itu membawa dampak namanya teh new center of growth. Satu pas pertumbuhan area ekonomi. Ini bakal jadi engine of road sebagai motor ekonomi juga,” ungkap Arsyad di dalam kesempatan yang sama.

Meski begitu, sebagai pengusaha juga kudu mempersiapkan rencana lain. Rencana disaat situasi dunia udah tidak lagi mirip layaknya hari ini.

Makanya, dia mengajak para pengusaha untuk tidak sangsi menanamkan modalnya di IKN Nusantara waktu tersedia kesempatan. Sebab ini bakal jadi mesin baru penggerak pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kalau kita tunggu pas udah ekonomi melaju, belum ada, ini adalah engine of growth,” pungkasnya.

Berjalan Sesuai Paket Tender

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah akan menjadi membangun Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terhadap Januari 2023 mendatang. Proyek pembangunannya ini apalagi udah didalam paket-paket tender.

“(Pembangunan Istana) th. depan, menjadi Januari. Kan udah tersedia paket tendernya,” kata Kepala Badan Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono waktu ditemui di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (18/10) malam.

Meski begitu kata Bambang, sekarang ini pemerintah udah menjadi lakukan pembangunan infrastruktur. Selain itu, pemerintah termasuk tengah mempersiapkan lahan.

“Kalau sekarang ini kan persiapan lahan. Kalau tersedia yang naik turun ini agak diratakan. Di situ yang sekarang,” kata dia.

Cara ini diharapkan bisa mempercepat proses pembangunan di IKN Nusantara tahun depan.

Jokowi Todong Ciputra Investasi di IKN Nusantara, Garap Lahan 300 Ha

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap Ciputra Grup jadi keliru satu investor pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara langkah perdana.

Bahkan di di dalam pertemuan Pre-Market Sounding Proyek Ibu Kota Negara, Managing Director Grup Ciputra Budiarsa Sastrawinata langsung ditodong komitmennya berinvetasi di IKN Nusantara.

“Komitmen yang nyata-nyata riil saya baru denger berasal dari Ciputra Group. Pak Budiarja berapa hektare ? Tadi saya melihat masih ngambang gitu lho,” kata Jokowi dihadapan para investor, di Djakarta Teater, Jakarta Pusat, Selasa (18/10).

“300 hektare Pak,” kata Budiarsa.

“Bener Pak 300 hektar?,” bertanya Jokowi lagi.

“Iya Pak,” kata Budiarsa.

Dari jawaban tersebut, Jokowi nampak kecewa gara-gara luas wilayah yang bakal digarap tidak cukup maksimal untuk sekelas Ciputra Grup. Dia pun berharap 300 hektar yang dimaksud baru langkah awal saja.

“Ya mungkin pertama, 300 hektar. Ini udah luas sekali. Asal langsung di awali Pak Budiarsa,” ungkap Jokowi.

Dalam peluang yang sama, Jokowi meyakinkan kepada para investor untuk tidak ragu di di dalam menanamkan modalnya. Bahkan kalau kemudahan dan insentif yang diberikan pemerintah masih kurang, entrepreneur tinggal minta kepada pemerintah.

“Sekali ulang saya idamkan sampaikan jangan ragu-ragu. Kalau masih tersedia yang kurang, tidak cukup apalagi? Urusan lahan tersedia nanti tersedia Pak Menteri ATR/BPN. Kalau masih ragu lho ya, tanyakan ke sana,” ujarnya.

“Untuk insentif, masih tersedia yang tidak cukup ya ke Menteri Investasi. tanyakan pak tidak cukup insentif gitu, minta. Tax holidaynya tidak cukup panjang bisa ditanya, atau apa? Tax deductionnya tidak cukup banyak, silahkan disampaikan,” sambungnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

%d bloggers like this: