Saturday, January 28, 2023
spot_img
HomeINDONESIA TERKINIPolisi Kini Bisa Tilang via Drone

Polisi Kini Bisa Tilang via Drone

Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah kini memulai terobosan terbaru dengan mengawasi lalu lintas menggunakan camera electonic traffic law (ETLE) mobile via drone. Hal ini tentunya masih dalam tahap uji coba.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suyro Nugroho mengatakan sudah melakukan uji coba ETLE drone bersamaan dengan Operasi Zebra 2022.

“Hari ini direktorat terkait Polda Jawa Tengah dengan Kasatlantas Polrestabes dengan staff melakukan kegiatas operasi zebra, tentunya operasi ini di samping preemtif, precentif juga melakukan pengegakan hukum. Penegakkan¬† hukum yang dilakukan adalah menggunakan ETLE statis dan mobile.” Ujar kombes Agus.

” Dan yang paling istimewa adalah hari ini kami sudah melakukan uji coba ETLE mobile yang terkoneksi langsung dengan DRONE,” tambahnya.

Bentuk Pelanggaran Apa Saja Yang Bisa Ditindak Melalui ETLE Drone?

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryonugrohi mengatakan ada beberapa jenis pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran kamera E-TLE drone. Saat ini ETLE drone baru dioperasikan di wilayah Semarang.

“Tidak menggunakan helm, melawan arus, TNKB mati atau TNKB palsu, ngak pakai sabuk pengaman, mengemudi sambil menggunakan handphone.” jelas Agus saat dihubungi oleh wartawan kami.

Untuk mekanisme dan standar operasional prosedur dari tindakan ETLE mobile dengan drone ini, sama halnya dengan ETLE statis yakni gambar pelanggaran yang telah diambil petugas nantinya akan dirikim ke back office yang ada di tingkat polres maupun polda, yang kemudian akan diterbitkan surat konfirmasi tilang.

ETLE drone merupakan pengembangan dan pembaharuan dari ETLE mobile device, yaitu perangkat elektronik  yang digunakan  secara protable dan mobile. Penggunaan ELTE mobile ini sangat membantu untuk menjangkau pelanggaran yang tidak bisa dijangkau oleh kamera ETLE statis.

Agus mengatakan bawah polisi yang bertugas mengoperasionalkan drone ini juga sudah di latih oleh Asosiasi Pilot Drone Indonesia.

“Jadi kami sudah menjalin kerja sama dengan ASosiasi Pilot Drone Indonesia, jadi peng-capturean, pelanggaran menggunakan drone, semoga dengan menggunakan teknologi ini, kami harapkan masyarakat Jawa Tengah semakin tertib dan patuh terhadap peraturan lalu lintas tanpa ada yang harus ditilang.

Bagaimana sob masih berani melanggar lalu lintas?

 

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

%d bloggers like this: