Tuesday, December 6, 2022
spot_img
HomeINDONESIA TERKINIHorror Pesta Halloween Korsel Tewaskan 120 Orang

Horror Pesta Halloween Korsel Tewaskan 120 Orang

Suara Indonesia – Sedikitnya 120 orang tewas dan 100 lainnya terluka saat mereka berdesakan di kerumunan besar yang mendorong maju di jalan sempit selama perayaan Halloween di ibu kota Seoul, kata pejabat Korea Selatan.

Mengutip Korea Times, Minggu (30/2022), Choi Seong-beom, kepala pemadam kebakaran Yongsan Seoul, mengatakan jumlah korban tewas bisa meningkat dan jumlah yang tidak ditentukan di antara yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Dia mengatakan 74 orang tewas telah dikirim ke rumah sakit, sementara sisa 46 jasad lainnya diangkut ke pusat kebugaran terdekat sehingga para pekerja dapat mengidentifikasi mereka.

Badan Pemadam Kebakaran Nasional secara terpisah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pejabat masih berusaha menentukan jumlah pasti pasien darurat.

Tayangan TV dan foto dari tempat kejadian menunjukkan kendaraan ambulans berbaris di jalan sekitar bersama kehadiran polisi dan pekerja darurat memindahkan korban terluka dengan tandu. Pekerja darurat dan pejalan kaki juga terlihat melakukan CPR pada orang-orang yang tergeletak di jalanan.

Sementara itu, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengeluarkan pernyataan yang menyerukan para pejabat untuk memastikan perawatan cepat bagi mereka yang terluka dan meninjau keamanan lokasi perayaan. Dia juga menginstruksikan Kementerian Kesehatan untuk segera mengerahkan tim bantuan medis bencana dan mengamankan tempat tidur di rumah sakit terdekat untuk merawat yang terluka.

Media lokal mengatakan sekitar 100.000 orang berbondong-bondong ke jalan-jalan Itaewon untuk perayaan Halloween, yang terbesar sejak awal pandemi setelah pelonggaran pembatasan COVID-19 dalam beberapa bulan terakhir.

Diduga Tewas Terhimpit

Para pejabat mengatakan diyakini bahwa orang-orang tergencet sampai mati setelah kerumunan besar mulai mendorong maju di gang sempit dekat Hamilton Hotel, tempat pesta besar di Seoul.

Lebih dari 400 pekerja darurat dan 140 kendaraan dari seluruh negeri, termasuk semua personel yang tersedia di Seoul, dikerahkan ke jalan-jalan untuk merawat yang terluka.

Secara terpisah, mengutip Korea Times, Perdana Menteri Han Duck-soo menginstruksikan para pejabat untuk melakukan upaya maksimal untuk meminimalkan kerusakan.

Sementara itu, Wali Kota Seoul Oh Se-hoon, yang sedang berkunjung ke Eropa, memutuskan untuk pulang setelah kecelakaan itu, kata pejabat kota.

Sebanyak 142 kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk wilayah tersebut.

Kantong Jenazah

Video dari tempat kejadian menunjukkan kantong jenazah di jalanan, pekerja darurat melakukan CPR, dan penyelamat, serta mencoba menarik orang yang terperangkap di kerumunan.

Belum jelas apa penyebab kejadian tersebut, dikutip dari BBC, Minggu (30/10/2022).

Wartawan BBC Hosu Lee yang mengunjungi tempat kejadian, mengatakan dia melihat “banyak staf medis, ambulans yang membawa jenazah satu per satu”.

Hosu ​​Lee mengatakan, ada ribuan di antara kerumunan, dan sejumlah jenazah ditutupi kain biru.

“Banyak anak muda berkumpul di sini malam ini. Banyak orang datang ke pesta dan klub, mengenakan kostum dan banyak orang yang saya lihat putus asa dan sedih melihat adegan kacau tersebut,” kata Lee.

Foto dan video menunjukkan di media sosial sejumlah kondisi darurat.

Henti Jantung

Awalnya, sekitar 59 orang dilaporkan tewas akibat henti jantung saat merayakan Halloween di kawasan Itaewon, Korea Selatan.

Kala itu, kerumunan besar terjadi di kawasan yang dikenal dengan pusat aktivitas malam yang populer.

Kantor berita Yonhap mengutip layanan darurat Korea Selatan mengatakan, 150 lainnya terluka akibat berdesakan di distrik Itaewon.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website liputan6.com. Situs https://www.voiceofmalaysian.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.voiceofmalaysian.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

%d bloggers like this: