Tuesday, December 6, 2022
spot_img
HomeKESEHATAN5 Ciri Ginjal Bermasalah yang Harus Diwaspadai

5 Ciri Ginjal Bermasalah yang Harus Diwaspadai

Jakarta, Suara Indonesia – Ada berbagai gejala atau ciri ginjal bermasalah yang perlu diketahui. Gejala tersebut umumnya muncul saat ginjal tidak berfungsi dengan baik. Dengan mengetahuinya, penanganan dapat dilakukan sejak dini dan komplikasi pun dapat dihindari.

Ginjal memiliki peran yang begitu besar dalam tubuh manusia, mulai dari menyaring darah, membuang limbah tubuh melalui urine, dan menjaga keseimbangan elektrolit. Bila fungsinya terganggu, tentu akan berdampak pada fungsi organ tubuh lainnya.

Masalah pada ginjal dapat dipicu oleh berbagai penyakit, seperti infeksi ginjal, penyakit ginjal polikistik, batu ginjal, glomerulonefritis, dan gagal ginjal. Selain itu, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ginjal.

Kebanyakan orang yang mengalami masalah pada ginjal baru diobati ketika kondisinya sudah parah, karena sering kali terlambat terdeteksi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri ginjal bermasalah agar penanganan bisa segera diberikan sesuai kondisi.

Berbagai Ciri Ginjal Bermasalah

Ada beberapa ciri ginjal bermasalah yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Kulit gatal
Kulit terasa gatal bisa menjadi salah satu tanda ginjal sedang bermasalah. Hal ini terjadi karena ginjal tidak dapat menyaring darah dengan baik dan gagal membuang urea, salah satu zat sisa metabolisme, melalui urine. Akhirnya, urea justru bertahan dalam darah dan memicu kulit menjadi gatal.

2. Lelah terus-menerus
Ginjal bermasalah juga ditandai dengan rasa lelah, tubuh terasa lemas, dan sulit konsentrasi. Hal ini berkaitan erat dengan kadar sel darah merah yang rendah ketika ginjal mengalami gangguan.

Pasalnya, salah satu fungsi ginjal adalah membantu produksi sel darah merah. Bila ginjal bermasalah, produksi sel darah merah pun bisa terganggu. Kondisi ini kerap memicu anemia atau kekurangan sel darah merah, yang ditandai dengan gejala lelah terus-menerus.

3. Darah dalam urine
Ginjal seharusnya menyaring darah dan membuang limbah melalui urine. Namun, ginjal yang bermasalah dapat mengalami kebocoran akibat filter ginjal atau glomeruli yang rusak, sehingga darah ikut keluar bersama urine.

Urine yang mengandung darah biasanya akan berwarna merah muda atau kecokelatan. Namun, untuk memastikan adanya darah dalam urine, perlu dikonfirmasi melalui tes urine.

4. Urine berbusa
Ciri ginjal bermasalah lainnya adalah urine berbusa. Adanya busa pada urine bisa menjadi tanda kadar protein yang berlebih dalam urine. Kondisi ini terjadi ketika adanya kebocoran pada penyaring di ginjal, sehingga protein dalam darah dapat keluar secara berlebihan bersama urine.

5. Bengkak di beberapa anggota tubuh
Saat ginjal bermasalah, ciri lainnya adalah bengkak di beberapa anggota tubuh, seperti mata, wajah, dan tungkai. Hal ini terjadi karena ginjal tidak mampu membuang natrium dengan baik, sehingga cairan menumpuk di beberapa anggota tubuh.

Selain berbagai kondisi di atas, ciri ginjal bermasalah lainnya adalah kram otot karena ketidakseimbangan elektrolit akibat gangguan fungsi ginjal. Tanda-tanda lainnya juga meliputi nafsu makan menurun, insomnia, bahkan sesak napas.

Perlu diingat bahwa orang yang mengalami gangguan pada ginjal dapat menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Di sisi lain, gejala di atas juga bisa jadi tanda dari penyakit lain di luar organ ginjal.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa pemeriksaan fisik dari dokter dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan kesehatan dan fungsi ginjal, seperti tes darah, tes urine, USG Ginjal, CT scan, atau MRI.

Apabila Anda memiliki beberapa ciri ginjal bermasalah seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website alodokter.com. Situs https://www.voiceofmalaysian.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.voiceofmalaysian.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

%d bloggers like this: